Yogyakarta Independent School: Thanksgiving Poem Competition, So Cute and So Happy - dipastoria.com

Breaking

logo

Yogyakarta Independent School: Thanksgiving Poem Competition, So Cute and So Happy

Yogyakarta Independent School: Thanksgiving Poem Competition, So Cute and So Happy

Kamis, 23 November 2023 kemarin saya mendapat kesempatan untuk menyaksikan kegiatan di salah satu sekolah internasional di Yogyakarta. Sekolah tersebut adalah YIS (Yogyakarta Independent School) yang beralamat Jalan Tegal Mlati No.1 Jombor Lor, Sinduadi, Mlati Sleman, Yogyakarta 55284. Lokasi yang berada di wilayah bagian utara, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ini, adalah kali pertamanya saya masuk ke sekolah international, sehingga sangat tertarik untuk mengamati segala aktifitas yang ada di sekolah hijau ini.

Sampai di tempat parkir, kedua pasang mata ini disambut oleh hamparan tanah lapang yang hijau, melihat rumput yang terawat dan terlihat sangat rapi. Suasana udaranya juga sangat sejuk, dingin dan masih bisa merasakan semilirnya angin membelai tangan dan wajah. Sejenak kulupakan segala penat dan suasana macetnya Kota Yogyakarta sewaktu perjalanan ke sini, ya karena hamparan rumput hijau yang bagus dan luas adalah pemandangan yang terlalu nyaman dan istimewa untuk kedua pasang mataku. Sehingga membuat nyaman kedua bola mata ini. Tampak dari jauh, melihat arena tempat bermain yang berwarna-warni, dan masih terlihat sangat bagus.

Lalu saya segera masuk menuju area pendopo, tempat untuk menerima tamu atau menunggu ketika ada keperluan dengan sekolah ini. Bangunan ini berupa rumah Joglo khas Jawa, dengan atap masih menggunakan genteng asli, dan tiang utamanya menggunakan batang kayu asli, lengkap dengan meja dan kursi yang tertata dengan rapi. Di tempat ini saya bisa melihat adik-adik yang sedang asyik bermain dengan temannya, melihat staff Yogyakarta Independent School sedang mempersiapkan acara yang pagi ini akan digelar. Yakni acara Thanksgiving Poem Competition yang diselenggarakan oleh YIS (Yogyakarta Independent School) dalam rangka perayaan hari Thanksgiving, yang jatuh pada Hari Kamis yang ke empat di Bulan November tahun ini.


Sambil menunggu acara dimulai, pandangan mata saya kembali tertuju pada tiang-tiang bendera yang berdiri tegak lengkap dengan bendera negaranya. Yah, benar setelah saya hitung memang betul ada 16 bendera negara yang terpasang di sana, dengan 1 tiang bendera paling tinggi dan berada di tengah, yakni bendera Indonesia. Kemudian disambut oleh Benedikta Setiyani dari Yayasan Pendidikan Internasional Yogyakarta (YPIY) adalah yayasan yang menaungi YIS (Yogyakarta Independent School). Beliau sangat ramah dalam tutur dan sikapnya, mengucapkan selamat datang dan mulai menceritakan tentang seluk-beluk sekolah ini. Dari awal proses pendirian sekolah, sampai acara untuk perayaan Thanksgiving Poem Competition hari ini.



Benedikta Setiyani

Beliau menjelaskan maksud dan tujuan di Yogyakarta Independent School mengadakan acara Thanksgiving, dan sudah menjadi acara rutinan setiap tahunnya diadakan perayaan seperti ini, hanya saja dengan kegiatan setiap tahunnya yang berbeda-beda, disesuaikan dengan tema dan keadaan yang sesuai dengan sekolah. Disini, beliau menjelaskan dengan adanya Thanksgiving yang memiliki 5 (lima) harapan atau misi mulia. Jadi, acara Thanksgiving itu memiliki sasaran khusus, yaitu:


Yang pertama, yaitu ditujukan untuk orangtua, karena mereka sudah berkenan mengirim anak-anaknya untuk sekolah menuntut ilmu di sini, dengan Kurikulum International Baccalaurate (IB), dan Yogyakarta Independent School adalah satu-satunya sekolah yang menggunakan Kurikulum IB di Yogyakarta.

Yang kedua, yaitu ditujukan untuk sekolah, yayasan, guru dan staff karena mereka sudah bekerja keras dengan semangat luar biasa, selain mereka semua memberikan ilmu kepada siswa,  mereka juga ikut memberikan hati atau perilaku yang baik untuk ditanamkan kepada siswa di sini.

Yang ketiga, yaitu untuk teman-teman bagi siswa di mana mereka tidak hanya sebagai teman, namun hadir sebagai keluarga. Maksudnya, memiliki pengertian bahwa kita merupakan sekolah terpadu, jadi mulai dari tingkat yang kecil sampai tingkat SMA sederajat mereka tumbuh dan berkembang seperti brother and sister. Saling peduli dan saling menjaga.

Yang keempat, yaitu untuk security, di mana mereka selalu siap siaga untuk menjaga keamanan maupun keselamatan, siapapun yang masuk di wilayah Yogyakarta Independent School. Jadi mereka benar-benar menjaga kenyamanan para guru, staff, orangtua, dan siswa di sekolah ini

Yang kelima, yaitu untuk gardener, atau lebih disebut tukang kebun, karena dengan adanya kerja keras mereka kampus hijau ini bisa lebih indah, tanpa mereka pasti tidak akan terwujud mimpi yang indah seperti ini. Taman dan hijaunya rumput adalah bukti kerja keras mereka karena mencintai sekolah ini.

Jadi itulah pesan dari yayasan dengan diadakan perayaan Thanksgiving. Tidak hanya momentum untuk bertemu atau untuk mengenal Thanksgiving saja dalam artian pengenalan saja, karena kami juga berasal dari berbagai negara. Bendera yang ada di depan bangunan pendopo melambangkan siswa yang bergabung di sekolah ini, jadi disitulah makna Thanksgiving bisa saling berbagi, berbagi secara ilmu pengetahuan, berbagi dalam bentuk saling bekerjasama, maupun untuk bersama sama mewujudkan mimpi dan cita-cita masing-masing.

Jadi dalam acara Thanksgiving Poem Competition ini akan memberikan apresiasi kepada guru, siswa dan dari pihak yayasan sendiri. Sehingga mereka akan mendapatkan perhatian atas perjuangan dan kerja kerasnya untuk sekolah ini. 

Selain itu, Benekdita Setiyani juga menceritakan bahwa kampus disini itu tidak hanya berani melabelkan diri sebagai kampus hijau, namun bagaimana caranya untuk menerapkan kenyataan tersebut. Sekolah harus bisa memberikan aksi secara nyata, seperti contoh bahwa dahulu lahan ini kurang mendapatkan perhatian dari warga sekitar, kalau musim penghujan air meluap, di area sekitar kampung anak-anak tidak bisa bermain karena banyak air dan nyamuk, serta kumuh.  Sebelum dibuat bangunan sekolah ini, langkah awalnya adalah membuat landscaping, waktu itu di dekat area ini ada puluhan truk sampah yang terbengkalai begitu saja, lalu sekolah mulai memilahkan sampahnya, seperti sampah dari kaleng dan botol plastik. Kalau yang sampah organik kita buat kompos dan pupuk, sehingga ketika penimbunan tanah untuk dasar bangunan sekolah, di dalamnya terdapat kompos dan pupuk sehingga ketika ditanam pohon maka akan tumbuh dengan subur.

***
Jadi perayaan Thanksgiving ini aslinya dari Amerika, merupakan hari syukur yang dirayakan pada hari Kamis ke empat atau terakhir di bulan November setelah musim panen tiba. Kemudian ada acara makan bersama, biasanya pada hari itu makan sayur dari buah labu dan kalkun.


Kemudian sekolah mengemas kegiatan ini dengan menyelenggarakan Thanksgiving Poem Competition atau Lomba Membaca Puisi bagi tiap tingkatan sekolah. Jadi sebelumnya sekolah sudah memberikan instruksi kepada siswa untuk merekam video ketika membaca puisi dengan waktu durasi 2 menit, kemudian video dikirimkan ke Pak Yere, dan nanti akan dipilih 1 pemenang untuk tingkatan kelas atau sekolah. Semua pemenang akan tampil di PYP Library pada hari ini. Orangtua siswa juga dilibatkan dalam kegiatan yang positif ini, dengan menyaksikan putra-putrinya tampil membacakan puisi yang dibuatnya.

Sebelum para pemenang ini tampil, ada pertunjukan keren dan menggemaskan dari adik-adik Yogyakarta Independent School ini, mereka akan menunjukkan performance menyanyikan lagu I’m Thankful bersama sama, waduh gak kebayang kan lucunya ekspresi mereka ketika menyanyi bersama. Kemudian acara dipandu oleh Dewi Yuniversanti dan Kak Emma, sesekali memberikan pertanyaan tebak-tebakan kepada siswa, dan yang benar menjawab pertanyaan tersebut akan mendapatkan hadiah.





I'm Thankful

I'm thankful for the flowers

I'm thankful for the trees

I'm thankful for the birds

I'm thankful for the bees
***
I'm thankful for my teachers

I'm thankful for my family

I'm thankful for my friends

I'm thankful that you play with me
***
I'm thankful for the hugs you give

I'm thankful for the things you do

I'm thankful for the love you share

I'm thankful that you are you
***
Thank you, thank you, thank you

Thank you, thank you, thank you

Thank you

Kemudian setelah tampil, tibalah saatnya para pemenang di jenjang kelas yang berbeda tampil dan membacakan hasil karyanya. Kemudian akan mendapatkan hadiah dari sekolah. Menarik sekali, karena dari jenjang kelas adik adik-kecil dibawah 5 tahun sampai anak usia SMA akan perform membacakan karyanya. Ada yang harus mengambil bukunya karena masih belum hafal dengan puisinya, sehingga harus pergi ke ruangan kelasnya untuk mengambil buku tersebut. Ada juga yang membacakan puisi dengan penuh ekspresi dan tempo bacanya yang bagus, meskipun masih kecil. Setelah itu meraka tampil maka akan otomatis akan mendapatkan hadiah.







Setelah acara Poem Competition selesai dilanjutkan acara selajutnya yakni pemberian hadiah kepada guru, siswa dan staff. Seperti yang disampaikan oleh Benedikta Setiyani tadi bahwa ada perwakilan dari guru, siswa dan staff terkait momen Thanksgiving ini sesuai dengan 5 (lima) misi mulia yang disampaikan tadi diawal, dan semuanya merasa happy dan bahagia. 

Jujur, setelah melihat acara Thanksgiving di Yogyakarta Independent School ini saya kembali disadarkan bahwa, beruntungnya mereka yang hidup dengan orang-orang yang selalu support dan peduli dengan diri kita. Beruntungnya mereka yang diberikan perhatian oleh orang disekitarnya, mungkin hanya dengan bentuk perhatian dan hadiah yang mungkin nominalnya tidak seberapa. Namun, sekalilagi jangan dilihat dari nominalnya, namun lihatlah dari bentuk perhatian dan kasih sayang orang disekitar kita terhadap kehadiran kita di sini. Juga, kita harus bisa memberikan sekedar ucapan terimakasih syukur bisa hadiah untuk mereka,orang-orangyang sudah membantu kita, atau sudah membersamai kita hingga detik ini.

Pumpin Soup with Garlic Bread menu Thanksgiving 


***


YOGYAKARTA INDEPENDENT SCHOOL (YIS)

Jalan Tegal Mlati 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman 55284, DI Yogyakarta

P.O. Box 1175 / YKBB Yogyakarta 55281

Telp. +62 274 5305147 | 5305148, Fax. 5305148

WhatsApp: +628112632442

Website: yis-edu.org | Email: info@yis-edu.org






Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact

Trending