Yuk Ketahui 5 Manfaat Menonton Film Drakor (Drama Korea), Rehat Sejenak dari Urusan Pekerjaan - dipastoria.com

Breaking

logo

Yuk Ketahui 5 Manfaat Menonton Film Drakor (Drama Korea), Rehat Sejenak dari Urusan Pekerjaan

Yuk Ketahui 5 Manfaat Menonton Film Drakor (Drama Korea), Rehat Sejenak dari Urusan Pekerjaan

Halo sobat dipastoria di manapun berada, semoga selalu sehat dan bersemangat ya? Aamiin. Ohya, pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang membludaknya animo masyarakat terutama Indonesia dalam menonton film-film Drama Korea (Drakor). Bahkan sampai tergila-gila dengan film drakor? WAW?

Drama Korea menurut Wikipedia atau K-drama mengacu pada drama televisi di Korea dalam sebuah format miniseri, yang diproduksi dalam bahasa Korea.

Jujur, kalau saya tidak menjadi penggemar drakor secara antusias, dulu ketika masih lajang memang pernah menonton film-film drakor (dari Korea Selatan) yang ngehits waktu itu. Seperti film drakor ini Boys Over Flowers, That Winter The Wind Blow, Descendants of The Sun dan Dream High. Wajar saja, waktu lajang masih memiliki waktu dan kesempatan yang jauh lebih banyak. Bisa punya waktu untuk memantengin layar monitor sambil menonton film drakor yang ber episode-episode lamanya. Bisa sampai 15 episode plus masih ada versi End nya lagi. Dengan catatan 1 episode rata-rata yang pernah saya lihat lebih dari 1 jam an. Jadi otomatis harus punya waktu yang banyak ketika menonton film drakor. Sungguh diniati sekali.

Saya termasuk orang yang kalau menonton sebuah film, itu cepat-cepat pengin kelar dan mengetahui ending dari film tersebut. Dengan hal ini otomatis karena rasa keingintahuan yang tinggi, harus siap lembur untuk menonton film hingga selesai. Dulu sempat juga ketika malam Minggu, tidak ada kegiatan di rumah. Pokoknya sedia cemilan dan secangkir kopi hitam lalu gasss nonton drakor di layar monitor sampai pagi. Ya, seperti ini dulu awal-awal saya mengenal drakor, maklum masih lajang.

Namun, karena sekarang sudah mempunyai 2 anak, otomatis sudah tidak se ekstrem waktu lajang. Jarang sekali bisa nonton film drakor yang ber jilid-jilid atau ber episode, inginnya nonton film yang langsung selesai 1 file saja.

Karena hal di ataslah saya mulai mengenal aktor dan artis Bumi Ginseng tersebut. Sebut saya Lee Min Ho, Kim Hyung Jong, Kim Bum, Song Jong Ki, Suzy, Song Hye Kyo dan sebagainya. Hanya sebatas oh itu toh pemeran film bla bla bla. Dan kalau untuk urusan ngefans ya jelas lah sama Song Hye Kyo yang meski sudah berumur namun tetap cantik dan mempesona. Fakta!

5 Manfaat Menonton Film Drakor (Drama Korea), Rehat Sejenak dari Urusan Pekerjaan
Sumber: lendyagassi.com

So, pada kesempatan ini saya ingin menulis 5 manfaat menonton film drakor versi ku. Karena saking banyaknya manfaat, maka cukup dirangkum menjadi 5 saja ya, biar hemat.

1. Meningkatkan Kinerja Otak dan Memori

Dengan menonton film drakor, secara tidak sengaja pasti akan melihat bagaimana pemeran memainkan perannya. Melihat visual dalam layar, ditambah dengan suara bakcsound dan soundtrack pendamping. Tentu penonton akan lebih detail memperhatikan bagaimana gesture pemeran dalam berkomunikasi. Hal ini tentu saja membutuhkan tingkat fokus otak dalam bekerja. Saat seseorang menonton Drama Korea, maka semua area visual di otak diaktifkan. Ini mempromosikan kerja otak untuk memulai korteks visual utama di lobus oksipital, di mana gambar pertama kali dianalisis.

Menonton film drakor juga mampu melatih memori otak. Otak akan mampu mengingat adegan pada episode sebelumnya, dan menyrinkonkan dengan episode yang dilihatnya. Kadang juga mampu merekam adegan misteri yang menjadi benang merah dalam cerita drakor tersebut. Singkatnya ada beberapa film seperti That Winter The Wind Blow yang sejak episode pertama hingga akhir ada adegan yang menjadi kunci keterikatan episode awal hingga akhir. Dan ketika mau menemukannya kamu harus melihatnya sejak awal hingga akhir. Otomatis otak akan merekan segala sesuatu yang mampu direkam, nanti akan mengetahui kata-kata yang bagus memotivasi dari adegan tersebut. Semakin banyak yang dilihat otomatis otak akan semakin banyak merekam kejadiannya dan mengingatnya. Bahkan sampaisekarangpun, saya masih ingat momentum sedih ketika Song Hye Kyo mengetahui jika kakak kandungnya ternyata sudah meninggal, dan orang yang dianggap kakaknya adalah orang lain. (makjleb)

2. Mengobati Stress dan Depresi

Memang hal ini sudah tidak banyak yang meragukan, dengan menonton drama Korea maka bisa mengobati stress misalnya pekerjaan yang belum kelar. Menumpuk banyak dan malas untuk mengerjakan, atau saat itu sedang banyak komplain dari pelanggan. So, redakan dahulu dengan menonton film drakor, nanti menontonnya ketika ada adegan yang lucu dan menggemaskan melihat tingkat pemeran, maka bisa mengendorkan sel syaraf otak yang menegang. Bisa membuat tertawa, karena ada adegan lucu misalnya menabrak tembok. Dan cenderung yang saya amati film drakor itu kualitas gambarnya bagus bagus tingkat HD loh, bening dan berwarna warni. Juga nanti akan bisa melihat pemandangan indah yang ditampilkan di film tersebut. Jadi suasana bisa terbawa sampai Menonton film drakor membawa manfaat untuk mengobati stres dan depresi. Hal ini disebabkan kerja sistem limbik (bagian otak yang sangat berperan dalam pembentukan tingkah laku emosi (marah, taktit, dorongan seksual) dirangsang dengan cara yang benar yang memicu pelepasan zat kimia otak seperti serotonin (yang membantu kita merasa bahagia) dan dopamin (senyawa kimiawi di otak yang berperan untuk menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh).

3. Meningkatkan Konsentrasi

Benar sekali, ketika menointon film drakor kita memang harus benar-benar fokus dalam melihatnya. Bagiamana adegan aktor yang berantem, peran dan actingnya bagaimana? Adegan sebelumnya seperti apa dan selanjutnya bagaimana. Otomatis konsentrasi seseorang akan dilatih sehingga saya pun kalau menonton film drakor tidak mau diganggu, ya gak boleh terjeda misalnya terputus karena alasan dicari teman, di suruh keluar beli makananlah. Jadi menonton itu ya lossss dolll gak ada pengganggunya. Terus ketika ada sebuah adegan yang bagus, pas berantem atau romantis biasanya saya ulang-ulang biar merasa puas. Haha :)

4. Menciptakan Imaginasi

Biasanya film drakor akan menyuguhkan latar film yang mengagumkan, menampilkan hijaunya pegunungan di negeri Korea, bangunan tinggi nan menjulang di pusat perkotaan. Enaknya makanan di restoran mewah yang disajikan. Padatnya jalur pedestrian yang dilalui banyak orang. Seragam anak sekolah yang rapi dan keren. Rumah yang sejuk yang beralaskan kayu, bagaimana cantiknya dan gagahnya mereka memakai pakaian tradisional Korea yang warna-warni.

Hal ini semua akan kalian dapatkan ketika menonton film drakor. Hal ini tentu akan menambah imajinasi kita tentang bagaimana negeri Ginseng tersebut. Karena ketika belum bisa berkunjung ke sana kita pun sudah bisa sedikit mengenal dengan negara Korea. Sebut saja bisa melihat dan mengenal Istana Changdeokgung, G Tower, Venice Square, Busandaegyo Bridge, Jeju Island, dan Namsan Seoul Tower karena bangunan ikonik tersebut dipakai dalam adegan film drakor tersebut. Sehingga memori ini direspond oleh otak, bahkan ada yang termotivasi karena pernah menonton film drakor tersebut, ingin suatu saat bisa berkunjung langsung melihat bangunan ikonik itu. Karena imajinasi manusia itu tak terbatas.

Apalagi yang saat ini menggeluti dunia modelling dan fashion, banyak film drakor yang menyuguhkan pakain-pakaian keren dan highclass. Setelan jas yang rapi dan warna yang cerah. Artis pemeran yang stylish yang laki laki terlihat cool dan handsome sementara yang perempuan semakin terlihat feminim dengan rok warna puttih yang anggun. Sangat sempurna, para pemerannya dalam balutan busana yang top. Dari film drakor ini tentu bagi penonton akan menambah daya ruang imaginasi ketika melihatnya.

5. Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi dan Pengetahuan

Disadari atau tidak ketika menonton film drakor, maka saat itu juga akan belajar Bahasa Korea secara langsung. Karena efek dari suara backsound dan subtitle, maka tak heran jika saya pun bisa sedikit mengerti bahasa Korea, seperti gamsahamnida (terimakasih), ottokeo (bagaimana), hyung (kakak laki-laki), noona (kakak perempuan), saranghae (aku cinta kamu) dan sebagainya.

Semakin familiar dengan kata-kata dalam penggalan film drakor tentu akan menambah kosakata dalam bahasa Korea. Lambat laun bisa saja kamu mahir dan fasih dalam berbahasa Korea hanya karena sering menonton film drakor. Maka, baguslah sambil mencari hiburan kamu juga belajar bahasa Korea.

Kemudian pengetahuan kamu akan negeri Korea (Selatan) akan bertambah. Mengerti tentang budaya mereka ketika menerima tamu, seperti mengundang minum teh. Kebiasaan mereka ketika sedang banyak masalah, yakni pergi ke luar untuk mabuk. Melampiaskannya dengan berbicara keras di jalanan, sambil pulang dengan tubuh sempoyongan. Kemudian bagaimana budaya seorang ibu yang sangat antusias dalam menunggu anaknya pulang dari sekolah, dengan rasa hormat seorang ibu itu berterimakasih kepada sopir yang mengantar anaknya pulang. Serta budaya Korea Selatan lainnya, sehingga ketika suatu saat bisa datang ke sana, minimal pengetahuan kamu tentang negeri Ginseng ini tidaklah nol besar. Mantab kan?

Nah, kalu untuk urusan review film drakor saya ada rekomendasi ini blog teman saya. Langsung saja pantengin Lendyagassi. Spesial bagi kamu penggila drakor bisa mampir ke situ. Spesial blog review drakor dan film Korea, KPOP Lovers, Korea Content Kreator, dan semua yang berbau tentang Korea.

5 Manfaat Menonton Film Drakor (Drama Korea), Rehat Sejenak dari Urusan Pekerjaan
Sumber: lendyagassi.com

So, gak usah lama-lama, segera saja mampir ke situ, blognya juga up to date kok. Happy Blogging dan Selamat Membaca :)










Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact

Trending