Pengertian Dasar Tentang Blog, Blogging, dan Bloger (Cocok untuk Pemula) - dipastoria.com

Breaking

logo

Pengertian Dasar Tentang Blog, Blogging, dan Bloger (Cocok untuk Pemula)

Pengertian Dasar Tentang Blog, Blogging, dan Bloger (Cocok untuk Pemula)

Well, ketika teman-teman membaca judul tulisan di atas, tentu bagi yang sudah lama mengenal dan bermain blogger tentu sudah hal umum atau lumrah. Namun, bagi pemula dalam mengenal beberapa istilah di atas tentu masih merasa bingung. Tidak mengapa, melalui tulisan ini saya ingin berbagi cerita dan pengetahuan tentang hal di atas. Tentu saja, ada beberapa bahan referensi yang menjadi acuan dalam menuliskan tulisan di sini. Jika memang ada yang tidak pas atau tidak benar, jangan sungkan untuk memberikan koreksi ya, biar saling belajar dalam memberikan informasi yang postif dan benar. So, lets Reading ya sob!

Pengertian Dasar Tentang Blog, Blogging, dan Blogger (Cocok untuk Pemula)

Pengertian Blog

Ada beberapa sumber yang memberikan pemahaman tentang blog ini, banyak sekali. Coba saja ketik di mesin pencari "Apa itu blog?" nanti dengan sendirinya akan menemukan beberapa artikel yang mengulasnya. Namun, yang ingin saya sampaikan pengertian di sini adalah yang simpel dan mudah dipahami.

Blog adalah berasal dari kata web log, adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. (wikipedia)

Namun ada juga yang memberikan pengertian blog adalah jurnal online atau situs web informasi yang menampilkan informasi dalam urutan kronologis terbalik, dengan postingan terbaru yang muncul pertama, di bagian atas. Ini adalah platform di mana seseorang dapat berbagi pandangan mereka tentang sesuatu. Blog ini digunakan awalnya hanya untuk menuliskan tentang cerita kehidupan sehari-hari penulis. Aktifitas sehari-hari penulis, pendapat dan opini penulis dalam menanggapi sesuatu yang dituangkan dalam tulisan ke dalam situs mini mereka. Penulis bisa menyimpan tulisannya, gambar, video, cerita dan pendapat dalam blog tersebut. Lalu lambat laun ada yang membaca cerita aktifitas sehari-hari ini, tambah pengikut dan penggemar dan akhirnya lahirnya hobi menulis cerita ke dalam blog.

Media blog sendiri pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com yang pada wakti itu dimiliki oleh Pyra Labs, sebelum di akuisisi oleh Google pada tahun 2003. Sejak itulah banyak bermunculan aplikasi-aplikasi terbuka yang diperuntukkan untuk berkembangnya penulis blog.

Tahun berikutnya, yaitu pada tahun 2003, WordPress pun diluncurkan, menawarkan segala kemudahan bagi orang-orang yang tertarik untuk memulai blog dan menjadi blogger. Website blogging kemudian menjadi terkenal dan menarik perhatian warganet. Maka tidak heran jikalau mayoritas netter mengenal  platform blogger dan wordpress, menilik dari sejarah di atas.

Tentu saja blog itu mempunyai fungsi yang beragam, mulai dari catatan harian, media-media publikasi baik person ataupun golongan, kampanye politik, bahkan sampai dengan program-program media perusahaan. Sebagian ada yang memang dikelola oleh satu penulis saja, namun ada juga yang dikelola bersama-sama dengan anggota lainnya (grup). Banyak fitur blog yang memberikan jalan interaktif antara penulis dengan pembaca misalnya dengan fitur buku tamu, dan mengaktifkan fitur kolom komentar. Sehingga mereka bisa saling berinteraksi satu sama lain.

Apa itu Blogging?

Blogging itu adalah segala bentuk aktifitas yang dilakukan penulis dalam mengelola blog tersebut, bentuknya seperti menulis, memperbaharui, atau menambahkan elemen lainnya (video) pada konten blog. Aktifitas ini dilakukan oleh para penulis blog di internet, dengan menggunakan tools yang banyak bertebaran di internet.

Sehingga pada era awal tahun 2000 an muncul istilah Ngeblog (aktifitas sama dengan Blogging), hanya terkesan lebih santai istilah Ngeblog daripada Blogging. Alias bahasa gaulnya anak muda pada waktu itu. Sayapun jujur lebih suka dengan istillah yuk Ngeblog daripada memakai istilah ayo blogging, hihi.
Dengan aktifitas ini nanti akan terlihat bagaimana sebuah blog ini dirawat dan dikelola secara aktif dan rutin tidak oleh penulisnya. Apakah artikelnya sering diupdate, foto dan videonya juga. Akan terlihat ketika kamu sering melakukan aktifitas Ngeblog ini.

Benar Blogger atau Bloger?

Nah, inilah salah satu pertanyaan yang sering terdengar di dunia maya. Namun, sebelum menjawabnya, saya ajak flashback tentang sejarah dan asal mula blog tadi. Kita ketahui bersama bahwa awal mulanya ada blog/ web log itu ketika tahun 2003 dan media blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com. Ingat namanya sendiri adalah blogger.com. Tentunya pada waktu itu dan sejak saat itu kita lebih familiar dengan istilah blogger. Karena faktor di atas ada alasan kuat jika waktu itu orang lebih suka dan familiar dengan kata blogger (saya pun mengiyakan)

Dan bagi teman-teman yang sudah lama menggeluti tentang dunia blogging, jauh lebih nyaman mengenal kata blogger dalam melakukan aktifitas seorang blogger. Dan tentu saja dalam dunia internasional kata blogger lebih populer daripada kata bloger yang tergolong baru ditambahkan dalam perbendaharaan kata pada KBBI IV itu.

Karena faktanya penulisan yang benar menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) IV telah memilih kata bloger yang benar. Yang artinya sama saja dengan kata blogger, istilah familiar yang biasa kita sandang sebagai hobi keseharian kita itu.

Maka dari itu karena dasarnya adalah aturan KBBI kita harus mengikuti pedoman tersebut. Kita sebagai penulis blog juga harus menerimanya dan mulai mengedukasi kepada penulis blog lainya. Sehingga kata blogger mari kita latih memakai kata bloger (meskipun dalam hati kecil saya, lebih mantap memakai kata blogger). Karena kata blogger yang lama itu sudah tertancap hebat di dalam otak ini, sehingga memang tidak mudah dalam merubah menjadi bloger.

Seperti rekan saya di dalam komunitas bloger ini yang sudah lama dalam menggeluti ngeblog ini. Blog nya yang memiliki bahasan tentang Lifestyle dan Traveling. Sering update tulisan setiap bulannya, dan karakter tulisannya adalah super panjang, seperti memakai konsep story telling, membuat ceritanya mengalir sehingga pembaca betah berlama-lama mampir di dalam blognya.

Pengertian Dasar Tentang Blog, Blogging, dan Blogger (Cocok untuk Pemula)
Sumber: bukanbocahbiasa.com

Pengertian Dasar Tentang Blog, Blogging, dan Blogger (Cocok untuk Pemula)
Sumber: bukanbocahbiasa.com

Ada juga Tips Traveling dari penulisnya yang mempunyai pengalaman tak terhingga, yakni gara-gara menulis ulasan di Google bisa diundang ke Google Amerika Gratissssss akomodasinya loh. Wah-wah, pengalaman luar biasa itu bisa diundang gratissss ke negeri Paman Sam, sepertinya para bloger wajib mampir ke sini nih, Yuk gaskeun, gak usah pakai lama.

***
Sumber Referensi:
1.https://www.merdeka.com/jabar/apa-itu-blogger-berikut-penjelasan-dan-alasan-anda-harus-memulainya-kln.html
2. https://id.wikipedia.org/wiki/Blog
3. https://www.hostinger.co.id/tutorial/apa-itu-blog
4.https://www.ardiankusuma.com/2016/11/blogger-atau-bloger.html#:~:text=Sudah%20tertanam%20di%20kepala%20bahwa,kata%20pada%20KBBI%20IV%20itu.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact

Trending