7 Manfaat dari Ngeblog yang Banyak Orang Tidak Mengetahui - dipastoria.com

Breaking

logo

7 Manfaat dari Ngeblog yang Banyak Orang Tidak Mengetahui

7 Manfaat dari Ngeblog yang Banyak Orang Tidak Mengetahui

Kalau kemarin saya sampaikan tentang pengetahuan blog, blogging dan bloger, maka pada kesempatan ini ingin utarakan tentang manfaat dari aktifitas 'ngeblog atau blogging. Karena tentu, sobat dipastoria bertanya-tanya, memang 'ngeblog itu ada manfaatnya kak? Gak cuma buang-buang waktu saja, ketak-ketik di depan laptop? Eits, nanti dulu! Silakan membaca tulisan ini sampai selesai, biar informasinya bisa tersampaikan dengan 100 %, happy reading dan selamat membaca :)

Tanpa disadari, ketika kamu sudah sering dan terbiasa mengelola blog yang sudah dibuat. Sering menulis tentang cerita pribadi, atau menuliskan pengalaman oranglain yang menginspirasi, bisa juga tentang kenangan indah dalam perjalanan wisata kamu yang sungguh sayang kalau tidak dituliskan, apapun bentuknya bisa ditulis.

7 Manfaat dari Ngeblog yang Banyak Orang Tidak Mengetahui

Mungkin beberapa orang ada yang menganggap sepele dari manfaat ngeblog ini, hanya sekedar tulisan saja. Tentu saja tidak demikian, manfaat dari ngeblog nyatanya mampu membuat potensi jauh lebih besar unuk penulis dan pembacanya itu sendiri. Bahkan dari aktifitas ngeblog ini bisa mendapatkan pendapatan tambahan cukup besar loh? Apa hanya itu? Oh, tentu tidak jawabnya. Penasaran kan, apa manfaat dari ngeblog?

Yuk, simak 7 Manfaat dari Ngeblog yang bisa kamu dapatkan, ada di bawah ini:


1. Menyimpan Memori dan Kenangan

Kalau dulu, awal-awal memulai aktifitas ngeblog memang hanya berisikan tulisan tentang catatan pribadi. Bisa dibilang seperti menulis diary namun tidak dibuku, tetapi di internet. Karena kadang itu saya merasa sungguh sayang, jika cerita pribadi yang mengesankan dan memiliki cerita indah, pasti lambat laun akan lupa. Itu pasti itu, apalagi nanti umur semakin bertambah. Tentunya jika kita menuliskannya ke dalam blog, itu sebagai arsip kenangan kehidupan sendiri. Besok, ketika sudah lama sudah tua, tentu akan merasa bahagia ketika membaca tulisan ayng pernah kita tulis sebelumnya. Memori indah akan terbuka lagi, dan kamu akan senang bisa mendapatkan kembali ingatan itu. Lagi pula dengan menuliskan di blog, ini arsip tulisan kamu akan aman-aman saja, selama tidak dihapus. Bukankah ketika sudah berumur yang selalu diingat adalah momentum indah ketika masih muda?

2. Mengasah Kemampuan untuk Menulis

Memang kegiatan ngeblog itu tidak jauh dari menulis dan menulis. Lambat laun ketika kamu terbiasa dengan menulis, maka ide-ide brilian itu akan bermunculan. Seorang penulis terbaik pasti adalah yang selalu menulis dan selalu mengasah kemampuan menulisnya. Kamu pun bisa untuk melakukannya, lakukanlah menulis blog dengan rutin dan terus menerus. Nanti perhatikanlah, tulisan ketika kali pertama kamu menulis di blog dan bandingkan tulisanmu dengan sekarang. Tentu ada yang berbeda, tulisan kamu yang terbaru akan semakin baik dan ada karakter khas dalam tulisan mu.

Kita tentu tahu tentang salah satu aktor Indonesia yang mengawali karirnya dari ngeblog alias menulis cerita di blog, ya Raditya Dika. Beliau memulai pertama menuliskan cerita yang difilmkan dari blognya. Tidak heran banyak cerita yang sudah di film kan sekarang. Sebut saja judul film Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, Manusia Setengah Salmon, Marmut Merah Jambu dan lainnya. Itu semua adalah karya dari beliau yang saat ini sudah terkenal.

Bukankah sebilah pisau jika terus diasah, dan sering digunakan akan lebih tajam daripada didiamkan saja?

3. Belajar Menyampaikan Ide dan Pengetahuan

Tentu pikiran seseorang itu berbeda-beda dan banyak. Ketika muncul sebuah ide kadang tiba-tiba menguap hilang begitu saja. Ini sering kita laukan, dengan menuliskan ke blog, maka ada sebuah tempat untuk mencurahkan ide-ide tersebut. Sehingga tidak hilang begitu saja. Yang suka dengan otomotif menulis tentang dunia otomotif, yang suka masak menulis tentang resep masakan, yang suka tentang humor dan lucu bisa menuliskan tentang hal lucu dan berbau komedi jenaka.

Jadi jangan khawatir ketika mendapat ide itu dengan menulis blog akan ada wadah untuk menyalurkannya. Ide itu sangatlah mahal sobat, dan ide itu harus dijaga jangan sampai ketika sudah muncul, hilang menguap begitu saja, kan rugi!

Juga ketika mempunyai ilmu dan pengetahuan itu bukanlah lebih baik untuk disebar luaskan, jangan egois dipakai sendiri. Bahkan jangan sampai berpikiran kalau orang lain jangan sampai tahu ilmu ini. Stop!

Ilmu pengetahuan yang kita miliki itu alangkah baiknya disebarkan untuk oranglain, agar ilmu kita berkah dan barokah. Ketika memberikan ilmu pengetahuan untuk orang lain dan mereka mengamalkannya untuk hal kebaikan maka kita akan mendapatkan pahala darinya. Menarik kan?

4. Membangun Jaringan dan Hubungan

Manusia terlahir sebagai makhluk sosial, bukan makhluk individu. Tentu hidup akan membutuhkan bantuan oranglain. Dengan menuliskan blog, lambat laun tulisanmu pasti akan dibaca oleh banyak orang. Dari tema dan bahasan yang ditulis nanti akan menemukan pembaca, ketika sudah cocok dan nyaman dengan tulisan yang kita tulis, pembaca itu akan sering dan mampir ke dalam blog kita. Karena sama dengan bahasan temanya. Nah ini penting, karena ketika pembaca itu sudah nyaman salah satu cirinya adalah sering memberikan komentar pada tulisan kita, sering berdiskusi dalam blog kita.

Jikalau hubungan ini sudah terbangun dan kuat, bukan tidak mungkin besok ketika sudah mulai bekerja akan butuh tentang kerjasama. contohnya, ada seorang pembaca yang tertarik dengan bahasan cara mengelola sampah agar berdaya guna. Karena pembacanya sangat antusias, maka singkatnya dia tertarik untuk belajar secara langsung tentang hal itu. Dia ingin kita datang ke acara seminar untuk menyampaikan cara mengelola sampah yang benar dan berdaya guna sesuai tulisan yang ditulis. Tentunya berawal dari sebuah tulisan bisa jadi mitra bisnis loh.

5. Belajar Menghasilkan Uang Secara Online

Kita hidup jelas akan membutuhkan uang. Itu faktanya, tentunya jika kita rutin dan terus menerus menulis di blog kita. maka blog akan semakin dikenal dan familiar. Terlebih dengan tema yang unik yang dibahas di blog kita, pasti ada segmennya langsung. Semakin dengan terkenalnya blog ini dengan rating yang bagus, dan ulasan yang khas maka banyak vendor yang akan tertarik bekerja sama denganmu. Bentuknya bisa dengan menuliskan review produknya, memberikan link dukungan terhadap suatu perusahaan, dan bisa juga karena suatu contoh kamu pernah mengulas hotel yang pernah kamu kunjungi, karena banyak pengujuung yang datang gara-gara ulasan yang kamu tulis, Pihak management hotel mengetahui bahwa pengunjung itu datang karena tulisan dari blog kita, lalu tiba tiba kita diberikan voucher menginap gratis hotel tersebut, kan lumayan, ini salah satu pengalaman unik dari rekan bloger Primahapsari.

Dengan rutin menulis blog dan mengelola maka nanti akan ada orang yang tertarik dengan blog kita. Perlu diingat, menghasilkan uang melalui sebuah blog seringkali tidak langsung terlihat hasilnya. Sama seperti resep sukses para pebisnis, mengasuh blog membutuhkan ketekunan dalam membuat serta menerbitkan artikel secara rutin. Misalnya, sehari dua kali, atau dua hari sekali.

Setelah pengunjung Anda bertambah banyak, untuk mendapatkan pemasukan Anda dapat memasang layanan iklan seperti Google AdSense maupun Audience Network.

6. Menjual Produk

Jika kamu memiliki usaha offline, menulis blog bisa dimanfaatkan agar mendapatkan pembeli yang lebih banyak. Pelanggan demi pelanggan setiap harinya akan bertambah. Hal ini bisa dilakukan dengan menyiasati tentang letak lokasi offline tempat menjual yang mungkin kurang strategis, masuk ke area pedesaan yang kurang bagus akses transportasinya. Tentunya dengan sedikit trik, kamu bisa menjual produkmu dengan memasang di blog yang ditulis. Tinggal posting nomor handphone kita, beres deh. Atau dengan tema yang sama, pengunjung blog kamu arahkan untuk masuk ke halaman dimana kita menjual produknya. Sekali mendayung 2 3 pulau terlampauikan?

7. Mendapatkan Banyak Ilmu


Dengan anda menjadi seorang bloger maka secara otomatis anda akan lebih banyak membaca. Berbeda dengan jika anda tidak memiliki sebuah website /blog. Mungkin anda akan bosan untuk membaca bahkan hasrat membaca saja mungkin tidak ada sedikit pun.

Dengan begitu, keuntungan membuat website/ blog yang pertama adalah mendapat banyak ilmu. Karena saat anda akan membagikan suatu informasi tentu yang anda butuhkan adalah mencari referensi. Setelah ketemu hal selanjutnya adalah membacanya.

Semoga dengan berbagai manfaat di atas bisa memberikan motivasi agar para bloger lebih aktif dalam menulis dan mengelola blognya. Sehingga dengan aktifitas menulis blog benar-benar bisa bermanfaat seperti poin di atas ya sobat. Ini ada rekan bloger yang konsisten dalam menulis bahasan tema Wisata Madura. Namanya adalah Diane Suryaman, salah satu travel bloger yang sering menulis tentang tempat-tempat wisata yang pernah dikunjungi dan rekomended untuk dikunjungi. Langsung saja, check this out ke halaman blognya. Gaskeeeun!

Sumber: dianesuryaman.com

Sumber: dianesuryaman.com



Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact

Trending