Affiliate Marketing: Model Bisnis yang Digemari Perusahaan dan Menguntungkan - dipastoria.com

Breaking

logo

Affiliate Marketing: Model Bisnis yang Digemari Perusahaan dan Menguntungkan

Affiliate Marketing: Model Bisnis yang Digemari Perusahaan dan Menguntungkan

Halo, semangat pagi sobat dipastoria di manapun berada, semoga selalu sehat yak. Pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang salah satu bisnis yang menjanjikan era sekarang. Di mana perkembangan dunia e-commerce sangat cepat dan luas. Bahkan beberapa perusahan besar pun menerapkan model bisnis seperti ini. Model bisnis itu adalah affiliate marketing.

Affiliate Marketing: Model Bisnis yang Digemari Perusahaan dan Menguntungkan
Sumber: beritateknologi.id

Affiliate marketing adalah model bisnis dengan menerapkan sistem pemberian komisi atas jasa seseorang, yang telah membantu memasarkan produk atau jasa dari suatu perusahaan penyelenggara. Pemberian komisi baru dilakukan jika orang tersebut berhasil memasarkan produk atau jasa Anda dalam jumlah tertentu.

Singkatnya, Anda sebagai pemilik perusahaan hanya perlu mencari orang-orang yang mau bekerja sama memasarkan produk atau jasa Anda dengan menerapkan affiliate marketing ini atau kerja sama pemasaran dan penjualan dalam bentuk pemberian komisi untuk jumlah yang telah disepakati bersama. (redcomm.co.id)

Sedangkan menurut Wikipedia, affiliate marketing atau dalam bahasa Indonesia pemasaran afiliasi adalah salah satu metode pemasaran digital, di mana nanti ada istilah seseorang disebut affiliate marketer akan dibayar ketika produk/ jasa yang dipasarkan melalui kode link tersebut berhasil terjadi penjualan.

Posisi affiliate marketer di sini adalah sebagai orang yang tidak memiliki produk maupun jasa untuk dijual, maka affiliate marketer dapat membantu seorang merchant tersebut dalam memasarkan produk/jasanya, dan tentunya ia akan mendapatkan komisi atas penjualan yang ia lakukan. Merchant adalah individu atau kelompok yang berperan sebagai penjual barang dan/atau jasa yang memiliki physical store atau bentuk usaha toko fisik maupun toko online.

Affiliate Marketing

Dalam praktiknya dalam bisnisnya setidaknya ada 3 komponen penting di dalamnya. Yakni merchant (pemilik usaha), affiliate marketer (pengiklan), dan konsumen. Ketiga komponen ini akan mendapatkan keuntungan masing-masing. Sehingga terjadilah simbiosis mutualisme, satu sama lain ketika pemasaran ini dilakukan.

Manfaat dengan metode affiliate marketing seperti ini?

1. Mudah dan Modal Kecil

Jika Anda sebagai merchant (pemilik perusahan) ingin menerapkan affiliate marketing langkah dasarnya adalah menyiapkan kesepakatan bersama yang menjadi acuan/ dasar kerjasama antara pemilik merchant (perusahaan) dengan affiliate marketer (pengiklan). Jauh proses ini jelas lebih simpel dan mudah. Karena hanya dengan bermodalkan surat perjanjian kesepakatan bersama ini Anda akan mendapatkan orang-orang yang siap memasarkan produk perusahaan Anda. Dan biasanya, mereka adalah orang yang ahli di bidang pemasaran. Tidak perlu repot mengeluarkan anggaran untuk melakukan training, bukan?

Untuk hardware biasanya cukup disediakan perangkat komputer, laptop, gadget, koneksi internet dalam penerapan affiliate marketing. Peralatan tersebut akan membantu Anda dalam menyebarkan referral/ iklan rekrut affiliate marketer. Dan di saat yang sama Anda juga bisa memasang iklan terkait iklan model seperti ini dengan menyertakan iklan produk plus menyebarkan brand Anda. Promosi model seperti ini jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya memasang iklan di media cetak atau media elektronik lainnya.

2. Mampu Menjual Semua Produk

Inilah keuntungan untuk para affiliate marketer karena bisa menjual apa saja jenis produk, asalkan mampu mempromosikannya dengan baik. Tidak heran jika bisa saja menjadi seperti toko grosir yang menjual berbagai barang dan lengkap. Apalagi mendapatkan merchant sebuah perusahaan yang besar. Dijamin produk yang dipromosikan jauh lebih banyak, Hal ini membuat seorang pengiklan dapat memperoleh keuntungan lebih banyak dengan pemasaran segala macam barang ataupun jasa dari suatu perusahaan. Fakta inilah mengapa membuat bisnis affiliate marketing terutama di dunia semakin digemari.

3. Tak Perlu Repot Menggaji Karyawan

Seorang affiliate marketer, Anda bisa bekerja seorang diri dalam bisnis ini tanpa perlu karyawan tambahan. Sehingga tak perlu menyiapkan anggaran untuk menggaji karyawan. Menarik sekali bukan, karena jelas akan mendapatkan keuntungan yang double, tanpa perlu pusing menyiapkan anggaran untuk menggaji karyawan. Dan biasanya keuntungan bagi merchant adalah biaya yang dikeluarkan dalam memberikan komisi kepada affiliate marketing jauh lebih kecil dibanding dengan menggaji karyawan tetapnya. Waw benar-benar saling menguntungkan!

4. Pasif Income Model

Jika bisnis affiliate marketing ini benar-benar ditekuni oleh seseorang affiliate marketer, tidak heran lambat laun bisa mendapatkan pasif income meski di rumah sambil nonton film bersama keluarga. Mengapa? Karena kode link penjualan yang sudah disebar di media sosial, kemudian mampu menarik konsumen untuk membeli produknya karena informasi ini. Maka affiliate marketer tidak bisa menolak komisi ini. Misalkan sehari ada 3 transaksi dari kode link kita. Sebut saja dapat komisi Rp25.000, kalau sebulan makan mendapatkan Rp25.000 x 30 = Rp750.000. Padahal seorang affiliate marketing bekerja ketika memasarkan awal itu, tinggal komisi datang yang bertubi-tubi. Luar biasa!

5. Keuntungan Jangka Panjang

Kejelian dari metode pemasaran affiliate marketing ini adalah memaksimalkan potensi dunia digital dan perkembangan dunia internet yang luar biasa. Iklan cukup dipasang dengan menyertakan kode link dengan target diarahkan langsung ke penjualan. Jika konversi penjualan terjadi, maka akan mendapatkan komisi, affiliate marketer akan mendapatkan keuntungannya. Karena trafik pengunjung web yang bagus dari informasi ini, tentu bisa mendatangkan konversi berkali-kali hanya dengan kode link saja. Kalau hal ini terus saja berlangsung maka selamat Anda akan mendapatkan pendapatan yang tak terbatas, dan mendapatkan investasi jangka panjang yang potensial.

Affiliate Marketing: Model Bisnis yang Digemari Perusahaan dan Menguntungkan
Sumber: makbro.com

Di saat yang sama, selain sebagai pemilik usaha yang menerapkan model bisnis affiliate marketing, Anda juga bisa menjadi pengiklan untuk bisnis lain asalkan Anda bisa menyediakan wadah, entah berupa website atau media sosial yang telah dilengkapi dengan link affiliate.

Anda bisa memperoleh banyak keuntungan, baik sebagai penyelenggara program affiliate marketing atau sebagai yang ikut dalam program ini. Pilihan apa pun yang Anda ambil, perhitungkan segalanya dengan matang. Affiliate marketing bisa jadi salah satu model bisnis yang menjanjikan di masa sekarang. So, sudah siapkah Anda mengambil peluang emas ini. Saya sudah memilih bisnis affiliate marketing terbaik, Giliran, kamu segera tentukan pilihanmu sekarang juga!

***
Sumber referensi:






Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact

Trending