Rahayu Leather : Pengrajin Kulit di Bantul yang Tetap Eksis Selama Pemberlakuan PPKM - dipastoria.com

Breaking

logo

Rahayu Leather : Pengrajin Kulit di Bantul yang Tetap Eksis Selama Pemberlakuan PPKM

Rahayu Leather : Pengrajin Kulit di Bantul yang Tetap Eksis Selama Pemberlakuan PPKM

Masyarakat menyukai produk fashion seperti jaket, topi, dompet dan tentunya jaket kulit. Seakan membuktikan kepada mereka bahwa pecinta dunia kulit tetap selalu eksis. Memang selain menambah kesah mewah dan elegan, seseorang ketika memakai produk fashion dari kulit akan menambah nilai prestige dan memberi kesan gagah dan berwibawa. Jaket kulit tentunya pruduk fashion yang tak lekang oleh waktu. Selalu dicari dari kalangan orang tua bahkan sekarang menjadi trend kawula muda banyak yang menyukai fashion jaket kulit.

pengrajin jaket kulit rahayu leather bantul
Jaket kulit Rahayu Leather siap pakai

Rahayu Leather adalah salah satu pengrajin kulit yang tetap eksis menjangkau permintaan konsumen. Beralamatkan di dusun Ngibikan RT 06, Canden, Jetis, Bantul, D.I Yogyakarta. Bapak Afzan Achmadi selaku owner dari Rahayu Leather menyampaikan bahwa sekitar tahun 2004 mulai menggeluti usaha olah ketrampilan bahan kulit dalam menjadi aneka fashion kulit yang berkualitas. Ketrampilan dalam mengolah aneka bahan kulit didapatkan secara autodidak. Dulu awalnya setiap pulang dari sekolah, langsung membantu menjahit di tempat saudara yang sudah lebih dahulu memiliki usaha jaket kulit.

Sengaja memakai brand Rahayu Leather, kata ‘rahayu sendiri dalam bahasa Indonesia memiliki arti selamat, atau bisa juga diartikan sebagai pemberi rahmat. Sehingga kelak dengan usaha yang dirintisnya dalam mengolah bahan kulit ini bisa menjadi lebih berkah dan ada rahmat memberikan manfaat untuk keluarga dan masyarakat luas. Oh iya, selain itu kebetulan sekali istri bapak yang memiliki 2 anak ini ada nama Rahayu nya. Jadi sangat pas dan menambah kemantaban dalam memulai usahanya, sehingga dipakailah brand Rahayu Leather hingga sekarang.

pengrajin jaket kulit rahayu leather bantul
Jaket kulit original Rahayu Leather

Alasan sederhana mulai menyukai mengolah bahan kulit menjadi produk jaket kulit. dikarenakan banyak saudara yang juga menggeluti bisnis perkulitan. Sehingga selain tidak ada kesulitan misalnya untuk membeli bahan baku dan mencari pernak pernik aksesoris yang diperlukan. Support keluarga sangat begitu kental dalam memulai dunia pengrajin jaket kulit ini.

Untuk showroom Rahayu Leather saat ini menjadi satu dengan rumah produksinya. Lokasinya cukup strategis karena berada dipinggir jalan masuk kampung. Berada di sebelah utara Masjid Al Badriyah Dusun Ngibikan Canden Jetis Bantul. Dalam kesehariannya dibantu oleh 2 karyawan, kebetulan karyawan ini merupakan tetangganya, rumahnya hanya beberapa meter dari rumah produksi. Secara tidak langung juga membantu memberikan lapangan pekerjaan untuk warga di desanya.

Rahayu Leather memiliki beberapa produk dihasilkankan yakni sabuk ikat pinggang, strap (tali jam tangan), sarung tangan, dompet, topi, sepatu, sandal, waist bag, dan jaket kulit. Tentunya dari sekian banyak produk yang dihasilkannya jaket kulit tetap masih menjadi best seller nya. Produk yang dihasilkan semuanya itu menggunakan bahan kulit asli.

pengrajin jaket kulit rahayu leather bantul

pengrajin jaket kulit rahayu leather bantul

pengrajin jaket kulit rahayu leather bantul

pengrajin jaket kulit rahayu leather bantul

Kisaran harga produknya seperti tas antara 200 ribu sampai dengan 500 ribu. Dompet antara 75 ribu sampai dengan 200 ribu. Topi antara 100 ribu sampai dengan 300 ribu. Strap (tali jam tangan) antara 70 ribu sampai dengan 185 ribu. Sabuk ikat pinggang antara 100 ribu sampai dengan 250 ribu. Sepatu antara 200 ribu sampai dengan 450 ribu. Sandal antara 150 ribu sampai dengan 300 ribu. Untuk produk yang menjadi unggulan yakni jaket kulit antara 500 ribu sampai dengan 1.5 juta. Semua harga itu h berbeda tergantung dari model dan bentuk fashion produk yang dihasilkan.

Bocoran dari owner Rahayu Leather ini mampu memberikan omzet sekitar 20 juta per bulan dengan margin netto sekitar 4 sampai dengan 5 juta, waw nilai yang fantastis. Belum lagi ditambah dengan jasa servis yang juga dilakukan.

Selain memproduksi jaket kulit, Rahayu leather juga menerima reparasi atau servis jaket kulit. Servis jaket kulit ini antara lain cat ulang, ganti krah, ganti resleting, pengecilan badan, penggantian kain, penggantian lengan, ganti lengan, perubahan ukuran hingga ganti model. Jasa servis ini mulai Rp. 25 ribu untuk ganti krah dan resleting hingga Rp. 180 ribu untuk ganti lengan kanan dan kiri. Layanan lainnya berkisar 50 ribuan seperti cat ulang yang disarankan setiap 7 bulan sekali.

Sekarang pemasaran Rahayu Leather mulai dimanfaatkan dengan lebih serius. Menggunakan teknologi internet yang sudah tidak asing dalam dunia pemasaran. Memasarkan produk nya lewat Facebook, Instagram, Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan lainnya. Harapannya dengan menggunakan pemasaran internet bisa menjangkau permintaan konsumen yang jaraknya jauh dari rumah produksi.

Untuk para customer yang ingin membeli produk dari Rahayu Leather bisa melalui akun-akun marketplace di atas, atau bisa langsung datang di rumah produksinya. Setiap jam kerja Senin -- Sabtu mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Bisa juga langsung memesan melalui WhatsApp nya. Jangan khawatir untuk pelayanan customer service nya fast respond, gak percaya coba saja sendiri.
Selama masa darurat pemberlakuan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) selama pandemic Covid 19 yang diberlakukan pemerintah di Propinsi D.I Yogyakarta jelas memberikan dampak omzet yang menurun drastis. Namun sang owner tidak terlalu khawatir memiliki spirit yang luar biasa yang patut dicontoh.

"Meskipun masa pandemi dan pemberlakuan PPKM banyak jalan yang ditutup. Tetapi percayalah dan yakinlah bahwa tidak ada satu pun makhluk yang bisa menutup jalannya rezeki."

Ternyata sejak tahun 2004 sampai sekarang berbisnis perkulitan tidak selamanya profit. Bapak Afzan Achmadi pernah ditipu oleh customernya dan peristiwa ini tidak akan dilupakan olehnya.

Waktu itu ada customer sudah memesan jaket, melakukan deal transaksi, mengecek ukuran dan lain sebagainya. Eh minta bonus ini itu pula dengan pedenya. Namun, apesnya pada waktu itu beliau tidak diberikan uang dp sebagai uang muka pembelian jaket kulit tersebut. Eh ternyata untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, customer nya itu menipu, parahnya lagi bonusnya sudah dibawa kabur oleh customer tersebut, ujarnya sambil tertawa menceritakan peristiwa itu. Ada juga lainnya yakni ada pelanggan yang sudah membayar lunas dalam transaksinya, eh entah lupa atau gimana barang pesenannya itu tidak diambil-ambil. Sampai berbulan-bulan lamanya.

pengrajin jaket kulit rahayu leather bantul
Rahayu Leather tampak depan

Semoga semangat dan spirit Rahayu Leather tersampaikan untuk para pembaca di website ini. Terimakasih sudah mampir dan membaca, happy reading guys :)





Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact

Trending